PlayStation Meluncurkan Proyek Leonardo – GamesHedge

PlayStation Meluncurkan Proyek Leonardo - GamesHedge

Proyek PlayStation Leonardo

PlayStation secara resmi meluncurkan Project Leonardo yang merupakan kit pengontrol aksesibilitas yang sangat dapat disesuaikan untuk konsol PS5. Setelah mengintegrasikan banyak fitur aksesibilitas ke dalam game mereka, PlayStation sekarang bekerja untuk menghadirkan aksesibilitas ke pemain melalui perangkat keras juga dan Project Leonardo adalah yang pertama dari jenisnya. Pengumuman tersebut dibuat oleh Sony selama CES 2023, dan detailnya kemudian dibagikan di Blog resmi PlayStation. Anda dapat melihat trailer pengantar pertama untuk Proyek Leonardo di bawah ini:

Meskipun cuplikan tidak menunjukkan pengontrol sedang beraksi, berbagai konsultan aksesibilitas yang ditampilkan dalam cuplikan menjelaskan cara kerja pengontrol. Beberapa organisasi terkenal yang bekerja sama dengan PlayStation untuk merancang Proyek Leonardo yang baru termasuk AbleGamers, SpecialEffect, dan Stack Up. Desain pengontrol bekerja bersama-sama dengan banyak pengontrol pihak ketiga, dan aksesori aksesibilitas dan terintegrasi dengan konsol PS5 untuk membuka cara baru bermain game bagi semua orang.

Proyek Leonardo sedang dikembangkan untuk pemain dengan tantangan umum seperti kontrol motorik terbatas, termasuk kesulitan memegang pengontrol untuk waktu yang lama, menekan tombol atau pemicu kecil secara akurat, atau memposisikan ibu jari dan jari secara optimal pada tata letak pengontrol standar. Salah satu fitur utama Project Leonardo adalah kustomisasi perangkat keras karena ini adalah kanvas bagi para gamer PS5 untuk menciptakan pengalaman bermain mereka sendiri. Ini mencakup kit komponen yang dapat ditukar yang kuat, termasuk berbagai tutup dan tombol stik analog dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Komponen-komponen ini dapat dibuat menjadi beragam tata letak pengontrol dan jarak stik analog juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemain. Dengan bantuan komponen modular ini, pemain akan dapat menemukan konfigurasi yang memungkinkan mereka bermain sesuai dengan kekuatan, rentang gerak, dan kebutuhan fisik tertentu mereka sendiri. Konsol PS5 akan memberi pemain opsi berbeda untuk menyesuaikan pengalaman Project Leonardo mereka juga seperti Pemetaan Tombol dan Profil Kontrol.

Proyek Leonardo

PlayStation juga merinci bahwa Project Leonardo dapat digunakan sebagai pengontrol mandiri atau dipasangkan dengan tambahan Project Leonardo atau bahkan pengontrol nirkabel DualSense. Untuk membuat satu pengontrol virtual, hingga dua pengontrol Project Leonardo dan satu pengontrol nirkabel DualSense dapat digunakan bersama. Salah satu dari pengontrol ini dapat dihidupkan atau dimatikan secara dinamis dan digunakan dalam kombinasi apa pun sesuai dengan permainan dan skenario. Pengontrol juga dilengkapi dengan empat port AUX 3,5mm yang mendukung berbagai sakelar eksternal dan aksesori aksesibilitas pihak ketiga.

Ini akan memungkinkan pemain untuk mengintegrasikan sakelar khusus, tombol, atau bahkan stik analog dengan pengontrol Proyek Leonardo. Aksesori eksternal juga dapat dihubungkan dan dilepas secara dinamis dengan Project Leonardo seperti halnya pengontrol. Masing-masing juga dapat dikonfigurasi untuk bertindak seperti tombol lainnya. Menampilkan desain yang fleksibel, terpisah, simetris, dan dapat disesuaikan, pemain dapat memposisikan ulang stik analog sedekat mungkin. Pengontrol dilengkapi dengan alasnya sendiri, dan diletakkan rata di permukaan apa pun, sehingga tidak perlu dipegang dengan tangan. Jika perlu, pengontrol juga dapat diamankan dengan dudukan AMPS atau tripod dan dapat diorientasikan 360 derajat untuk penggunaan yang nyaman.

Perancang Sony Interactive Entertainment So Morimoto merinci pendekatan desain pengontrol:

Project Leonardo adalah bagian dari keluarga produk PS5 dan didasarkan pada konsep desain yang sama. Kami terinspirasi oleh gagasan semua pemain menikmati dunia PlayStation bersama. Tim kami menguji lebih dari selusin desain dengan pakar aksesibilitas, mencari pendekatan yang akan membantu mengatasi tantangan utama untuk penggunaan pengontrol yang efektif. Kami akhirnya menetapkan desain ‘pengontrol terpisah’ yang memungkinkan reposisi thumbstick kiri/kanan hampir bebas bentuk, dapat digunakan tanpa perlu dipegang, dan menampilkan pertukaran tombol dan tutup stick yang sangat fleksibel.

Karena pemain dapat menyesuaikan Proyek Leonardo sesuai dengan kebutuhan mereka, tidak ada faktor bentuk yang ‘tepat’. Kami ingin memberdayakan mereka untuk membuat konfigurasi mereka sendiri. Pengontrol juga dapat secara fleksibel menerima kombinasi aksesori aksesibilitas untuk menciptakan estetika yang unik. Saya senang bahwa desainnya akan diselesaikan melalui kolaborasi dengan para pemain daripada menghadirkan mereka dengan satu faktor bentuk.

PlayStation belum membagikan detail tambahan tentang Proyek Leonardo pada saat ini dan pengontrolnya saat ini juga sedang dalam pengembangan. Rincian tambahan tentang proyek seperti harga dan tanggal rilis akan diumumkan di kemudian hari.

Apa pendapat Anda tentang pengumuman Project Leonardo oleh PlayStation? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Author: Henry Anderson